Menu Close

Cara Jitu Membuat Business Plan Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Ilustrasi business plan: buku catatan untuk manajemen

Dalam menjalankan sebuah bisnis, rencana bisnis atau business plan merupakan sesuatu yang wajib harus Anda miliki. Business plan sangat diperlukan sebagai penunjuk jalan kesuksesan bisnis Anda sekaligus membantu Anda dalam mendapatkan modal. Asal dibuat dengan sangat lengkap dan meyakinkan, maka peluang dalam mendapatkan modal akan semakin terbuka lebar. Business plan tidak hanya untuk pebisnis pemula saja, namun juga bagi Anda yang ingin meningkatkan keuntungan dalam bisnis. Jika Anda masih bingung dalam penyusunan rencana bisnis, Anda tidak perlu khawatir ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan berikut ini. Beberapa hal yang dibahas di sini adalah executive summary, business planning, operation, finance, human resource dan learning management system (LMS).

Bagian pertama yang harus Anda buat adalah executive summary. Bagian ini harus berisi gambaran yang sangat jelas dan singkat. Adapun isi dari executive summery berupa produk yang akan ditawarkan, kelebihan dari produk tersebut, proyeksi keuangan, anggota manajemen, ataupun bantuan yang Anda butuhkan. Apabila Anda merangkum bagian ini dengan sangat teliti maka pihak investor atau bank akan mempertimbangkan dalam mengambil keputusan.

Setelah itu, buat latar belakang dari bisnis Anda. Mulai dari perencanaan bisnis hingga kendala yang akan Anda hadapi nantinya. selanjutnya yang harus Anda buat adalah target pasar dan juga kompetitor bisnis Anda. hal ini dilakukan agar meyakinkan investor dalam memahami target pasar yang harus Anda tuju. Bagian terpenting lainnya dari business plan adalah marketing dan penjualan. Bagian ini merupakan bagian bagaimana bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan nantinya. Tim manajemen juga harus diikut sertakan dalam business plan Anda. di sini Anda bisa menjelaskan skill dan kemampuan apa yang dimiliki oleh tim manajemen Anda. Anda juga menuliskan kelemahan dan kelebihan setiap personil dalam kemajuan bisnis Anda nantinya.

Langkah selanjutnya yang harus ada dalam business plan Anda adalah operasional. Sangat penting menggambarkan dengan jelas bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda nantinya. selain itu, jangan lupa catat aset atau hal apa saja yang diperlukan dalam kelancaran operasional Anda, misalnya fasilitas, atau pegawai beserta gajinya. Dalam perencanaan bisnis tentu harus ada perkiraan penjualan. Memang dalam penyusunan perkiraan penjualan cukup sulit, sebab Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun Anda bisa melakukan perkiraan dengan adanya beberapa faktor dan juga kontribusi dalam penjualan Anda nantinya.

Di samping itu, dalam business plan juga sangat diperlukan perkiraan keuangan. Hal ini bisa menjadi bukti keuangan Anda dan juga pernyataan dari tujuan bisnis Anda. namun yang perlu Anda ingat jangan pernah membuat perkiraan keuangan secara asal – asalan. Jika Anda ingin lebih meyakinkan lagi, bisa Anda buat dalam bentuk laporan keuangan. Hal terakhir yang harus masuk ke dalam business plan Anda adalah perkiraan resiko yang akan terjadi pada bisnis Anda. Anda juga bisa menambahkan resiko yang paling buruk dalam bisnis Anda dengan disertakan rencana dalam mengatasinya.

Hal lain yang mungkin sering diabaikan dalam berjalannya perusahaan adalah manajemen skill sumber daya manusia. Dalam memantau perkembangan karyawan bisa menggunakan sistem informasi human resource atau human resource information system. Sementara untuk menunjang skill transfer dan training karyawan, di era ini bisa dimanfaatkan platform learning management system untuk mengelola online learning internal perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *