Menu Close

Tips memilih kursi rotan untuk teras rumah

kursi rotan untuk teras

Memiliki hunian rumah yang asri adalah impian bagi banyak orang. Selain sebagai aset, rumah juga merupakan tempat berkumpulnya keluarga dan menciptakan kenangan bersama. Untuk itu selain lokasi rumah, desain tata ruang sebuah rumah harus betul-betul diperhatikan dengan baik. Sebuah rumah yang asri biasanya akan dilengkapi dengan taman dan ruang terbuka seperti teras yang memadai.

Untuk menambah kesan asri, kita dapat menambahkan perabotan yang memberikan kesan natural dan santai. Salah satunya adalah menambahkan kursi rotan untuk teras anda. Kenapa rotan? Karena selain memberikan kesan klasik dan alami, rotan dikenal sebagai perabotan rumah yang ramah lingkungan, karena terbuat dari bahan alami dan tidak menghasilkan limbah yang dapat mengotori lingkungan.

Beberapa kelebihan dari pemilihan kursi rotan itu sendiri diantaranya adalah harga mebel yang relatif lebih murah dibanding mebel kayu lain, beratnya yang ringan sehingga mudah untuk dipindah dari satu tempat ke tempat yang lain ketika perlu melakukan penataan ruang ulang, memiliki perawatan yang mudah dimana jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu maka penggantian hanya perlu dilakukan pada bagian yang rusak saja tidak perlu mengganti secara keseluruhan. Kelebihan yang paling menonjol adalah mebel rotan sangat cocok digunakan pada ruang terbuka, karena kita tidak perlu khawatir kursi rotan rusak karena terkena hujan maupun panas. Bentuknya yang berongga memudahkan kursi rotan untuk cepat kering dan terhindar dari kondisi lembab yang menyebabkan lapuk. Selain itu karena berbahan dasar rotan, kursi rotan teras tidak mudah menyerap panas, sehingga tetap nyaman digunakan pada cuaca yang terik sekalipun.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika kita memilih kursi rotan untuk teras kita diantaranya adalah:

  1. Pilihlah warna kursi yang sesuai dengan nuansa lantai, dinding dan perabotan lain serta nuansa yang ingin disampaikan di dalamnya.
  2. Pilihlah bentuk yang senada dengan desain ruangan dan sesuai dengan kebutuhan kita, seperti pemilihan kursi rotan berbentuk kursi malas atau kursi goyang atau kursi gantung, sehingga semakin melengkapi keindahan ruangan.
  3. Pastikan rotan yang digunakan dilapisi oleh bahan anti rayap atau serangga untuk memastikan kursi rotan awet digunakan bertahun-tahun.
  4. Perhatikan susunan anyaman pada kursi rotan, kursi rotan yang baik akan memiliki jarak anyaman yang tidak terlalu jauh sehingga akan nyaman saat digunakan.
  5. Perhatikan sambungan rotan yang digunakan, biasanya kursi rotan yang baik akan menggunakan sambungan berbahan dasar kulit agar anyaman rotan dapat merekat dengan kuat satu sama lain tanpa mengurangi keindahan kursi maupun kenyamanan kursi itu sendiri.
  6. Untuk menjaga berat ringannya maka pilihlah kursi rotan yang dipadukan dengan stainless steel atau kayu berukuran kecil untuk menjaga kekokohan kursi, kursi rotan yang terbuat dari rotan sepenuhnya akan lebih berat daripada kursi rotan yang dipadukan dengan bahan-bahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *