Menu Close

SEJARAH Perdana Gelar Pileg Dan Pilpres Sekaligus

Pemilu 2019

Indonesia mengawali sejarah penting dalam dunia politiknya. Pada 17 April 2019 akan digelar pemungutan suara sekaligus perhitungan Pileg dan Pilpres dalam sehari. Memasuki masa kampanye berbagai media sangat gencar melaporkan berita pemilu.

Masa Kampanye Pemilu 2019

Pada Pemilu sebelumnya biasanya pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dilakukan pada hari yang berbeda. Bahkan berjarak beberapa bulan setelah Pemilu selesai. Oleh karena itulah, bangsa Indonesia mencatat sejarah perdana untuk sistem pemilu serentak tersebut. Salah satu tujuan dari sistem tersebut adalah menghemat anggaran Pemilu.

Sejak tanggal 3 September 2018 sampai dengan 13 April 2019 merupakan masa kampanye bagi calon legislatif tingkat kabupaten atau kota, provinsi dan pusat. Termasuk masa kampanye bagi pasangan calon presiden dan wakilnya. Berita yang paling menyita masyarakat adalah usaha setiap pasangan calon pemimpin negeri ini.

Pada Pemilu 2019 akan menemukan kembali dua sosok yang sebelumnya pernah berkompetisi di Pemilu 2014 silam. Sosok yang dimaksud adalah Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Hanya calon wakil presidennya yang menampilkan wajah baru, yakni KH. Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Secara umum setiap kandidat presiden memiliki keunggulan dan tentunya kekurangan masing-masing. Prestasi dan bakti kepada bangsa ini tentunya menjadi pertimbangan penting untuk memilih pemimpin di masa mendatang. Sehingga selama masa jabatannya selama lima tahun bisa memberikan pengaruh besar bagi kemajuan Republik Indonesia.

Jadwal Pemilu 2019

Sesudah melewati masa kampanye, maka setiap kandidat calon legislatif, calon presiden dan wakil presiden harus menghentikan aktivitas kampanyenya. Masa tenang untuk Pemilu 2019 mendatang dijadwalkan mulai tanggal 14 April hingga 16 April 2019. Jadi segala aktivitas kampanye termasuk pemasangan beragam media seperti iklan televisi, baliho, spanduk dan sebagainya harus dihentikan atau ditanggalkan.

Nah, tepat pada tanggal 17 April 2019 maka seluruh rakyat Indonesia yang sudah memiliki hak suara bisa mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS). TPS sudah disiapkan di berbagai level RT atau RW. Sehingga semakin mudah dan dekat untuk menjangkaunya. Biasanya TPS sudah dibuka sejak jam 7 pagi hingga siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *